Audio Jack 3.5 mm - TS, TRS, TRRS - Teknonerdy - Learning is EZ

Breaking

Teknonerdy - Learning is EZ

Your One Stop Techcy-clopedia

Senin, Agustus 17, 2020

Audio Jack 3.5 mm - TS, TRS, TRRS

Pernahkah kamu kecewa setelah membeli sebuah headset atau handsfree atau earphone yang kamu merasakan kualitas suara di kiri dan kanan sama persis? tidak stereo? Atau membeli sebuah headphone yang kamu kira adalah headset?

Nah, kali ini kita akan membahas sebuah hal sederhana secara singkat padat dan sangat jelas yang akan membantumu agar kamu tidak melalukan kesalahan yang sama lagi. Hal sederhana yang sepertinya tidak semua orang tahu, apakah itu?


Jenis dari Audio Jack 3.5 mm


Audio jack 3.5 mm adalah jenis jack/colokan yang sangat sering dijumpai pada berbagai perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, dan PC. Ada 3 bagian utama pada audio jack 3.5 mm, yaitu Tip, Ring, dan Sleeve. Tiap bagian punya fungsinya masing-masing dan merupakan pembeda dari masing-masing jenis dari Audio Jack 3.5 mm ini.


Jenis Tip-Sleeve (TS)

Ts Jack Pict

Jack jenis TS ini hanya memiliki 2 bagian, yakni 1 Tip dan 1 Sleeve. Jadi, hanya terdapat 2 konduktor pada audio jack jenis TS. Audio jack 3.5 mm jenis TS hanya mendukung mode mono dan microphone.

Bagian Tip untuk audio mono, dan Sleeve untuk ground. Ini berarti yang ada hanyalah mode mono, suara pada heaphone sebelah kiri dan kanan sama saja.


Jenis Tip-Ring-Sleeve (TRS)

Trs Jack Pict

Jack jenis TRS memiliki 3 bagian, yakni 1 Tip, 1 Ring, dan 1 Sleeve. Terdapat 3 konduktor dalam audio jack jenis ini. Audio jack 3.5 mm jenis TRS sudah mendukung mode stereo, namun belum mendukung microphone. 

Bagian Tip untuk headphone sebelah kiri, Ring untuk headphone sebelah kanan, dan Sleeve untuk ground. Dengan audio jack jenis ini, kamu dapat mendengarkan musik dengan mode stereo tapi tidak dapat melakukan panggilan/berbicara dengan menggunakan microphone.


Tipe Tip-Ring-Ring-Sleeve (TRRS)

Trrs Jack Pict

Audio jack jenis ini yang paling lengkap. Jack jenis TRRS memiliki 4 bagian, 1 Tip, 2 Ring, dan 1 Sleeve. Audio jack 3.5 mm tipe TRRS mendukung mode stereo sekaligus microphone.

Bagian Tip untuk headphone sebelah kiri, Ring atas untuk headphone sebelah kanan, Ring bawah untuk ground, dan Sleeve untuk microphone. Tiap vendor punya susunan sendiri untuk jack jenis TRRS ini. Dengan audio jack ini, kamu dapat mendengarkan musik mode stereo, dan komunikasi dengan menggunakan microphone.

Nah, itulah dia jenis dan perbedaan dari masing-masing audio jack 3.5 mm. Singkat, padat dan jelas. Karena kamu sudah tahu, pastinya kamu tidak akan salah beli lagi kedepannya!.

Jangan lupa bagikan pengetahuan ini kepada temanmu dengan klik tombol share dibagian bawah post ini!

*********

Sampai jumpa di materi selanjutnya.

Ingat, di Teknonerdy belajar itu mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar