Pengalaman Telpon ke Call Center Paypal - Teknonerdy - Learning is EZ

Breaking

Teknonerdy - Learning is EZ

Your One Stop Techcy-clopedia

Minggu, Mei 15, 2022

Pengalaman Telpon ke Call Center Paypal

Kali ini bang Tekno akan berbagi mengenai pengalaman ketika menelpon call center PayPal yang berkantor di Singapura.




Pada suatu hari yang agak mendung bang Tekno butuh melakukan pembayaran untuk jasa pembuatan gambar. Karena si penggambar ini berasal dari luar negeri maka kami sama-sama setuju untuk melakukan transaksi pembayaran melalui PayPal. Supaya ngak ribet, padahal biar dikata keren dan melek teknologi gitu.

Kemudian loginlah ke akun PayPal untuk melalukan transfer dana, seperti biasa: login, password, kode autentikasi dari auth-app, dan SMS confirmation dari PayPal. Nah, tapi ternyata yang terakhir itu menjadi momok, SMS tidak kunjung datang-datang walaupun ditunggu sampai 10 menit. Akhirnya dipencet deh itu tombol resend, mungkin ada sekitar 5-6 kali diulangi, sampai pada akhirnya muncullah pesan mistis seperti ini:





"Sorry, we couldn't confirm it's you".
Yang terjemahan prokem-nya "eh siapa lu? kok main login aja ke akun PayPal ini!".

Padahal selama 11 tahun memakai PayPal, bang Tekno tidak pernah mengalami masalah apapun yang berkaitan dengan login atau akun. Karena waktu itu masih pagi banget dan jiwa belum terkumpul sempurna, mikirnya itu salah ketik password, padahal udah tau kalau salah password itu errornya akan beda, tapi dasar karena jiwa masih setengah tetap aja diulangi lagi langkah yang sama dan so pasti masih muncul error yang sama. 

Akhirnya bang Tekno pun menyerah dan di klik deh itu tulisan biru We can help yang kemudian mengarahkan bang Tekno untuk menelpon call center PayPal di nomor +65651084584 yang jika dilihat dari country codenya ini nomor yang berada di Singapura. 

Seperti biasa, call center kekinian pasti akan menggunakan mesin penjawab otomatis yang kemudian penelpon diarahkan untuk memilih beberapa menu yang tersedia dan sudah pasti PayPal yang merupakan perusahaan multinasional terkemuka secara default akan menggunakan bahasa inggris. 

Nah, jika kamu mau menggunakan bahasa inggris maka kamu diminta untuk menekan tombol 1. Tapi bagi kamu yang ngak pede dengan bahasa inggris, tenang saja karena ternyata PayPal juga memiliki call center bahasa indonesia. Untuk memilih bahasa indonesia kamu bisa menekan tombol 2. Setelah itu kamu akan perlu menunggu sebentar(sekitar 5-10 detik) untuk merubah mesinnya menjadi bahasa indonesia. Sepertinya itu proses pengalihan panggilan ke perwakilan di Indonesia.

Setelah memilih bahasa, kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan. Karena pada saat itu masalah yang ada adalah akun tidak bisa login, maka bang Tekno memilih menu nomor 4. Tak berapa lama setelah menunggu, akhirnya tersambung juga dengan petugas CS yang bukan mesin tapi manusia asli. Sapaan default dari CS pun terdengar dari seberang sana, "Selamat pagi, dengan XXXX, ada yang bisa saya bantu?".

Kemudian bang Tekno pun memperkenalkan diri dan menceritakan masalah yang dihadapi. Dari CS sana ternyata butuh melakukan validasi mengenai informasi akun yang bermasalah, ya untuk memastikan bahwa yang nelpon ini benar-benar sang empu dari akun yang disebutkan. 

Untuk validasi informasi akun, CS akan bertanya beberapa hal dibawah ini:
    1. Nama lengkap
    2. Alamat email
    3. Nomor telpon/HP
    4. Alamat rumah

Semua informasi diatas harus diberikan secara lengkap sesuai dengan yang ada di akun PayPal tersebut. Biasanya yang jadi masalah adalah alamat rumah, karena bisa jadi seperti bang Tekno yang sering pindah domisili jadi alamat rumahnya itu banyak (bukan rumahnya yang banyak, alamatnya aja yang banyak). Nah, ini kendala yang dihadapi ketika melakukan validasi alamat, akhirnya karena belum bisa ingat disarankan CS untuk mengingat-ingat dulu dan kemudian menelpon kembali.

Setelah beberapa detik mencoba mengingat, akhirnya bang Tekno memutuskan untuk mengecek email. Siapa tau masih ada email lama ketika membuat akun PayPal. Daannn, ternyata ada email dengan subject "Welcome to PayPal" tertanggal 2 Feb 2011, disitu tertera alamat rumah yang ada di akun PayPal. Akhirnya telpon lagi deh ke CS PayPal. Karena tadi sudah pernah telpon, maka bang Tekno udah tau cheat sheet-nya. Ketika si mesin mulai bertanya, langsung pencet angka 2, kemudian 4. Biar cepet..

Ternyata setelah alamat berhasil di validasi masih ada pertanyaan lagi, yaitu nomor KTP. Setelah menyebutkan nomor KTP yang terdaftar di akun PayPal barulah kemudian dimulai proses perbaikan akun, untuk hal ini bang Tekno harus menunggu sekitar 2-3 menit, tapi telponnya tetap nyambung dengan nada hold sembari menunggu CS memproses. Setelah itu dimintalah untuk mencoba login kembali, tapi ternyata beum berhasil karena masalah yang sama masih terjadi.

Setelah dicoba beberapa kali, CS menyarankan untuk mereset password dan kemudian mencoba login kembali dengan password baru. CS akan mengirimkan email dengan link untuk merubah password yang hanya berlaku selama 10 menit dan untuk 1 kali pemakaian saja. Tapi, ternyata setelah mencoba login dengan password baru, masih belum berhasil juga. Lalu dicobalah untuk me-remove 2-step verification(autheticator app dan SMS), mencoba login kembali, daaann masalah yang sama masih terjadi.

Akhirnya CS seperti menyerah dan mengatakan akan dilaporkan ke pihak terkait(mungkin tim backend dan sejenisnya), kemudian diminta untuk tidak mencoba login selama 5 hari kedepan. Artinya baru bisa mencoba login lagi di hari ke-5, tapi jika di hari ke-5 itu masih tidak berhasil maka diminta untuk menghubungi CS lagi.

Jadi setelah menghabiskan watu sekitar 10-15 menit menelpon CS masalah yang bang Tekno hadapi ini belum terpecahkan. Akan dicoba deh 5 hari kedepan. Nanti akan bang Tekno update ya hasilnya, tunggu saja tanggal updatenya!

******

Eh, bang, itu nelpon pake apa?abis berapa duit buat nelpon gitu?
Jadi bang Tekno menelpon CS PayPal itu menggunakan operator Tri dan biayanya tidak mahal kok, cuma bayar gopek per panggilan. 

Kok bisa murah bingit gitu bang?
Ya bisa donk, jadi Tri itu ternyata memiliki paket untuk telpon ke luar negeri dengan fixed rate per panggilan. Nah untuk Singapura ini biayanya adalah Rp500,- per panggilan, sudah termasuk pajak lho. Murah banget kan, nasi kucing aja rata-rata harganya 4-5x lipat dari biaya per panggilan ini.




Caranya gimana bang?
Untuk caranya kamu hanya perlu tau kode rahasianya, yaitu 01089. Kemudian ikuti langkah berikut ini:
    1. Tekan 01089 + Kode Negara + Nomor yang dituju
    2. Ke nomor handphone: 01089 (+) Kode Negara (+) Nomor tujuan
      Contoh Singapura: 01089 65 1234567xxx
    3. Ke nomor rumah : 01089 (+) Kode negara (+) Kode area (+) Nomor tujuan
      Contoh Singapura: 01089 65 90 1234567xxx
Jadi yang tadi bang Tekno dial adalah nomor seperti ini: 08108965651084584, sepertinya itu merupakan nomor fixed line atau PSTN atau yang biasa populer disebut "nomor telpon rumah/kantor" di Singapura sana.

Oh ya, untuk informasi lebih lengkapnya bisa kamu lihat di link berikut: https://tri.co.id/Nelpon-luar-negeri. Ya siapa tau kamu mau nelpon doi kamu yang menetap atau lagi wisata di luar negeri, misalnya di Antartika. Asal ngak nelpon doi mantan yang udah menetap di hati orang lain aja ya.


************

UPDATE:
Setelah menunggu beberapa hari, akhirnya bisa login juga ke akun PayPal melalui browser desktop. Tapi masalahnya adalah ketika mencoba login melalui aplikasi di HP error yang sama masih terjadi. Nah,  kemudian karena merasa agak aneh, maka bang Tekno memutuskan untuk coba oprek sendiri daann ternyata berhasil saudara-saudara. Bisa login di aplikasi HP juga akhirnya.

Berikut ini langkah yang bang Tekno lakukan:
  1. Clear all data (cache dan data) aplikasi PayPal di HP
  2. Login ulang
  3. Begitu diminta kode verifikasi, pilihlah yang dikirim melalui SMS. Jangan pilih yang pakai Authenticator App
  4. Begitu kode diterima, langsung deh submit
  5. Selesai
Pada awalnya bang Tekno memakai nomor utama yang menggunakan operator Telkomsel. Tapi SMS tidak kunjung datang padahal sudah dipastikan pulsanya sangat cukup untuk 1000 SMS sekalipun. Akhirnya iseng-iseng deh coba pakai nomor Tri. Eehh, ternyata SMS langsung masuk. Jadi mungkin bisa disimpulkan kalau yang bermasalah adalah Telkomsel-nya ketika mau menerima SMS dari PayPal.


************

Tidak ada komentar:

Posting Komentar