Review Xiaomi Service Center - Teknonerdy - Learning is EZ

Breaking

Teknonerdy - Learning is EZ

Your One Stop Techcy-clopedia

Senin, Maret 14, 2022

Review Xiaomi Service Center




Beberapa waktu yang lalu ponsel yang smart milik bang Tekno mengalami gangguan kesehatan dengan gejala sebagai berikut:
    1. Ponsel menggendut (padahal makannya ngak banyak)
    2. Charging cepat sekali, dari 0 ke 100% hanya butuh 30 menit! (Fast charging aja kalah!)
    3. Baterai cepat habis(discharge), dari 100 ke 5% hanya butuh kurang dari 10 menit

Dengan gejala semacam itu bang Tekno tidak butuh untuk mengunjungi dokter spesialis karena sudah yakin dan percaya penyakit yang diderita adalah baterai bocor. Akhirnya bang Tekno memutuskan untuk mengganti baterai, ya daripada ganti HP kan lebih mahal. Kita harus hemat, tidak boleh boros.

Nah, berhubung ponsel smart bang Tekno bermerk Xiaomi tepatnya Redmi Note 8, akhirnya menghubungi Xiaomi Service Center terdekat melalui telepon. Nomornya tentu saja dapat dari hasil pencarian melalui mesin pencari sejuta umat, yaitu Google.

Bang Tekno termasuk user setia Xiaomi, sudah menggunakan seri Redmi Note semenjak Redmi Note 4 sampai sekarang pegang Redmi Note 10.

Tidak butuh waktu lama setelah mendengar nada tunggu, telepon pun diangkat. To the point, bang Tekno langsung menanyakan apakah hari ini buka. Karena saat itu adalah hari Minggu, yang biasanya service center banyak yang tutup atau hanya buka setengah hari saja. Beruntung ternyata hari Minggu service center Xiaomi buka. Kemudian karena ingat pulsa, secepatnya bang Tekno lanjut ke pertanyaan berikutnya, "Apakah baterai untuk Redmi Note 8 ready stok?". Beruntungnya lagi baterainya masih ready stoknya, jadi bang Tekno disarankan untuk langsung menuju ke TKP.




Dengan bermodal tekat dan keyakinan yang kuat, akhirnya bang Tekno sampai ke TKP Service Center Xiaomi Dr.Cipto kota Semarang. Alamatnya Jalan Dokter Cipto No.169B, Karangturi, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah 50124. Untuk lokasi tepat TKP bisa dilihat di map berikut:


Setibanya disana ternyata tempatnya berupa ruko yang cukup simple dan compact, maksudnya kecil tapi cukupan. Pada saat itu ruko yang dihiasi dengan warna orange khas Xiaomi itu terlihat ada 4(empat) orang mekanik yang aktif bekerja dan beberapa pasien sedang duduk di bangku antrian.



Oh ya, sejauh yang bang Tekno tahu untuk service center resmi Xiaomi atau bahasa kerennya Xiaomi Authorized Service Center itu ada 2 jenis:
    1. Exclusive Service Center (ESC), yang dioperasikan langsung oleh Xiaomi
    2. Authorized Service Partner yang dioperasikan oleh pihak ketiga, misalnya Unicom Care

Nah, yang bang Tekno datangi merupakan salah satu(atau mungkin satu-satunya) cabang ESC di kota Semarang. Kenapa memilih ESC? Ya karena supaya resminya resmi resmi banget dari Xiaomi aja. Kalau ada apa-apa bisa komplain ke brand-nya langsung, syukur-syukur kalau bisa dihubungi langsung oleh babang Alvin Tse.



Setelah mengambil nomor antrian dari mesin, bang Tekno pun menunggu sekitar 7 antrian. Setelah menunggu sambil menonton Running Man hampir 2 episode atau sekitar 2 jam, akhirnya nomor antrian (bukan nomor togel) bang Tekno pun dipanggil. 



Segeralah kemudian pindah duduk ke counter servis berhadapan langsung dengan mas mekanik yang tentunya sama-sama memakai masker sesuai protokol kesehatan. Seperti biasa, pertanyaan pertama adalah template "Ada yang bisa saya bantu mas?".

Tanpa basa-basi bang Tekno langsung menceritakan simptom penyakit sembari menyerahkan HP yang sakit ke mas mekanik. Setelah di cek sejenak sekitar 4-5 menit dengan langkah colok charger dan mencoba nyalain HP yang saat itu gagal, mas mekanik pun mengkonfirmasi hasil analisa amatir bang Tekno. "Mas, baterainya sepertinya bocor, harus diganti". Yang tentu saja langsung bang Tekno iya-kan.



Tak berapa lama kemudian mulailah proses penggantian baterai yang dilakukan didepan bang Tekno secara live, macam nonton pertandingan tinju di Holywings sayangnya tanpa aspri-nya bapak Hotman. Semua proses yang dilakukan mekanik dapat dilihat secara langsung, inilah salah satu langkah yang ditempuh oleh banyak brand untuk transparansi proses yang dilakukan. Dengan catatan pengerjaan bisa dilakukan secara langsung saat itu juga. Kalau HP-nya butuh opname, misalnya nunggu spare part datang maka tidak akan langsung dikerjakan.

Walaupun sebenarnya tidak boleh mengambil gambar atau video di counter servis, tapi pasti deh netizen +62 itu sukanya menganut paham yang salah. Benar saja, ternyata ada saja orang tak dikenal (bukan bang Tekno) yang memotret proses pengerjaannya seperti gambar dibawah ini, sungguh terlalu!



Dengan dimodali peralatan yang canggih dan memadai serta skill mekanik yang mumpuni, proses penggantian baterai hanya memakan waktu sekitar 25 menit itu pun sudah termasuk test ulang setelah penggantian dilakukan. Termasuk cepat juga prosesnya, yang lama hanya antriannya aja. Tapi sekali lagi itu tergantung dengan keberuntungan masing-masing, kalau pasien lain prosesnya lama ya akan makin lama antrinya.

Setelah selesai kemudian lanjut ke pembayaran yang ternyata dilakukan di meja mekanik itu juga. Mungkin karena itu hari minggu jadi karyawan bagian kasir memang tidak masuk, jadi semua proses dilakukan di counter servis. Bahkan untuk nota-nya pun dikirimkan melalui chat Whatsapp, total biaya untuk penggantian baterai adalah Rp235.000,-. Sungguh langkah yang luar biasa untuk menghemat biaya operasional(kertas dan tinta printer gak butuh), patut dicontoh.


Sembari membayar, bang Tekno bertanya mengenai garansi servis. Ternyata untuk penggantian baterai kita akan mendapatkan garansi ganti baru selama 7 hari. Jadi kalau semisalnya baterainya sakit lagi dalam kurun waktu 7 hari setelah servis dilakukan, pelanggan bisa kembali kesana untuk melakukan penggantian baterai secara gratis.

Kesimpulan

Secara umum servis yang diberikan sangat memuaskan proses pengerjaan berlangsung cepat dan transparan. Tapi ya itu, antriannya sesuai keberuntungan masing-masing, bisa lama, bisa juga lama banget. 

Satu hal yang amazing adalah contact center yang sangat sangat fast respon dan helpful. Brand lain biasanya kalau di telpon via PSTN itu lama banget angkatnya. Kalau ini, gak sampai 10 detik sudah diangkat. Macam The Flash.

Selain itu biaya servisnya pun tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan garansi kualitas dan keaslian spare part yang didapatkan. So pasti donk kita bakalan dapat spare part ori yang sangat orisinil untuk ponsel cerdas Xiaomi kita.

Nah, kemudian ada satu hal lagi yang menjadi nilai plus yang plus plus banget kalau kamu servis di ESC Xiaomi. Misalnya ternyata HP kamu harus opname, artinya ngak bisa langsung jadi saat itu. Berarti kamu akan menjadi HP-less person, tentu kamu tidak mau itu terjadi kan? Nah, jika itu sampai terjadi maka kamu bisa mendapatkan layanan yang bernama Loan Unit. Apa itu? 

Loan Unit adalah layanan terbaru dari Xiaomi dalam menyediakan smartphone pinjaman yang bisa dipakai untuk sementara sambil menunggu perbaikan selesai. Tapi ingat ini hanya tersedia di ESC saja dan jenis HP-nya akan tergantung dengan ketersediaan yang ada di ESC tersebut.







Jadi untuk kamu yang HP-nya butuh diopname atau servis tidak bisa selesai di hari yang sama, kamu tidak perlu khawatir kudet karena kamu tetap bisa ber-HP ria dengan loan unit dari Xiaomi ini.

Bagaimana? Apakah kamu juga pernah melakukan servis di Xiaomi Service Center?

******

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Ingat, Teknonerdy selalu terdepan untuk kabar tekno-mu!

Kunjungi  www.coolinerculinary.blogspot.com ini untuk petualang kuliner yang menarik! 


2 komentar:

  1. Bener sekali, servis center resmi Xiaomi memang pelayananya luar biasa mantap djiwa.

    BalasHapus
  2. haha
    memang bener kok, beneran girlfriend xp deh kalau servis di xiomi servis center

    BalasHapus