XBox Series X Preview, Yang Katanya Konsol Paling Sempurna - Teknonerdy - Learning is EZ

Breaking

Teknonerdy - Learning is EZ

Your One Stop Techcy-clopedia

Jumat, Oktober 16, 2020

XBox Series X Preview, Yang Katanya Konsol Paling Sempurna




Microsoft pernah menjanjikan bahwa XBox Series X ini akan menjadi konsol paling sempurna yang ada dalam sejarah konsol Microsoft. Super cepat, super tenang, dan performa yang setara dengan PC!. 

Jika dibandingkan dengan PC yang memiliki spesifikasi "sama", tentu saja XBox Series X jauh lebih murah karena katanya akan dibandrol dengan harga dibawah USD500. Tentu saja ini membuatnya tidak hanya menjadi konsol yang luar biasa dari sisi teknis, tapi juga terbilang murah dibandingkan dengan gaming experiences yang akan kamu dapatkan

Dengan tandem cloud services dari Microsoft untuk gaming seperti XBox Game Pass, tentu saja konsol ini akan menjadi pesaing yang perlu diwaspadai oleh konsol Next-Gen seperti Sony PS5. 


Penasaran dengan PS5? Baca artikel ini: Harga dan Spesifikasi PS 5, Konsol Next-Gen dari Sony


Desain dan Penampakan

Kalau diperhatikan sepintas XBox Series X ini terlihat sangat berbeda dengan XBox sebelumnya yang terlihat lebih rata, karena XBox Series X dibentuk dengan desain tower yang membuatnya terlihat seperti PC, walapun sebenarnya bisa diletakkan dalam posisi terbaring/horizontal juga. Cuma akan membuat tingkat kegantengan konsol ini menurun!



Dengan dimensi 15.1 x 15 x 30.1 cm dan berat sekitar 4.45kg, konsol dengan bentuk memanjang menyerupai kubus ini dilapisi dengan permukaan berwarna hitam matte (matte black). 



Penampilan konsol ini terlihat sederhana namun anggun. Dengan tombol power khas XBox berada pada bagian atas kiri, tray disc dengan eject button pada bagian bawah kiri, dan tombol untuk pairing serta port USB 3.2 pada bagian kanan bawah. Bagian belakang kondol ini memiliki lubang ventilasi untuk kegunaan cooling serta terdapat juga output port HDMI 2.1, dua port USB 3.2, satu port LAN, slot untuk penambahan storage, dan colokan untuk kabel power.



Sementara bagian sampingnya cenderung kosong, digunakan hanya untuk logo XBox pada pojok kiri dan beberapa variasi berbahan karet pada bagian sisi kanan -karet ini digunakan untuk "kaki" ketika konsol ini kamu letakkan terbaring secara horizontal. 



Pada bagian bawah konsol ini terdapat sebuah stand pengganjal berbentuk menyerupai piringan dan tentu saja terdapat beberapa kipas pendingin. Bagaimana dengan bagian atasnya? Ini menarik karena bagian atasnya tidak ada apa-apa, hanya ada lubang ventilasi untuk kipas pendingin saja.



Secara keseluruhan konsol ini benar-benar terlihat sangat minimalis karena itu sangat mudah untuk membaur dengan furnitur dan interior di sekelilingnya.

Seperti yang kami sampaikan diatas, Microsoft menjanjikan bahwa konsol ini akan benar-benar silent, tidak ribut. Ternyata memang sangat tenang, tidak terdengar suara kipas ataupun komponen yang bekerja ketika konsol ini digunakan, kalaupun terdengar akan terdengar sangat sayup. Jika dibandingkan dengan XBox terdahulu atau konsol Next Gen lainnya ini sangat luar biasa, karena bagi hardcore gamer di konsol pasti sudah terbiasa dengan suara "ngguuuung" dari mesin konsol yang digunakan. Hal ini tidak akan kamu temui di XBox Series X ini.


Ketika kamu menyalakan konsol ini dan berada di Home Screen dan mengukur desibel dari suaranya akan kamu dapatkan hasil sekitar 30dB (ini seukuran bisikan mesra dari teman disebelahmu). Bagaimana ketika bermain game? Nah, ketika dicoba dengan No Man's Sky dan Sea of Thieves, ternyata suara yang terdengar tidak akan melebihi 34dB!.

Tentu saja ini merupakan berita baik bagi gamer yang tidak suka keributan (suara ribut maksudnya) atau terganggu dengan suara-suara tidak artistik dari konsol.

Kemudian bagaimana dengan tingkat panas yang dihasilkan?

Ternyata tidak ada perubahan atau perbaikan yang signifikan jika dibandingkan dengan XBox One X, karena walaupun sudah dibekali dengan segudang kipas dan ventilasi pendingin tetap saja terasa panas. Tapi uniknya ketika panas tinggi kami tidak menemui masalah terhadap perfoma yang ada. 

Tapiii, perlu digarisbawahi bahwa ini bukan merupakan versi final dari XBox Series X! Jadi masih ada kemungkinan bahwa Microsoft akan melakukan sesuatu dengan heat problem ini. 


Kontroler

Kontroler dari XBox Series X ini terlihat familiar, khas dengan kontroler XBox generasi sebelumnya. Tapi jika kamu sentuh, kamu akan merasakan penyempurnaan dari tekstur dan permukaan yang terasa lebih ergonomis dan nyaman untuk digunakan. Tentu saja ini juga menaikkan gaming experience yang akan dirasakan.




Seperti yang dikatakan tadi, kontroler ini tidak terlihat berubah drastis dari generasi sebelumnya. Dari segi bentuk, tombol dan posisi tombol masih mempertahankan desain yang sama. Tapi jika kamu perhatikan dari dekat, kamu akan melihat perbedaan kecil yang Microsoft lakukan.




Misalnya gamepad yang sebelumnya memiliki eksterior yang glossy kini menjadi matte, serupa dengan desain konsolnya. Sisi minus dari finishing seperti ini adalah permukaan yang gampang terlihat kotor, entah itu minyak ataukah debu yang menempel bahkan akan gampang lecet. Tapi tenang saja karena variasi warna lain juga tersedia, tentunya harus kamu beli secara terpisah.

Tapi itu adalah masalah kecil, secara keseluruhan kontroler dari XBox Series X ini terlihat premium dari sisi bentuk dan sentuhannya.


Apakah Layak Beli?


XBox Series X menjanjikan performa kuat, silent gaming, dengan harga terjangkau. Selain itu backward compatibility tentu saja sangat menarik bagi para gamer, karena fitur ini memungkinkan gamer untuk memainkan game dari konsol XBox generasi sebelumnya melalui XBox Series X ini.




Dan jangan lupakan fitur menarik seperti Quick Resume dan XBox Game Pass yang menambah nilai plus dari konsol ini. Tapi sayangnya memang jika dilhat dari sejarah XBox, konsol ini sangat kekurangan title eksklusif, mengingat ditundanya perilisan Halo Infinite ini tentu memberikan kesempatan bagi Next Gen konsol lainnya untuk menarik hati para gamer dengan title ekslusif yang mereka miliki. Misalnya PS5 yang punya Spider-Man: Miles Morales.

Jadi bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk membeli konsol ini?


*********

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Ingat, di Teknonerdy belajar itu mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar