iPhone 12, Tanggal Rilis dan Spesifikasi? - Teknonerdy - Learning is EZ

Breaking

Teknonerdy - Learning is EZ

Your One Stop Techcy-clopedia

Kamis, Oktober 15, 2020

iPhone 12, Tanggal Rilis dan Spesifikasi?


iPhone 12 akhirnya resmi diumumkan! Gadget baru dari Apple ini akan dibahas bersama dengan iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max dalam pertemuan yang akan diadakan secara virtual pada bulan Oktober ini!.


Jadi, apa saja sih yang sudah kita ketahui tentang iPhone baru ini?


Buat kamu yg penasaran tentang iPhone 12, kami akan merangkum semua hal yang sudah kami dapatkan mengenai iPhone 12 ini. Termasuk harga, tanggal rilis, spesifikasi, dan informasi menarik lainnya!


Karena artikel ini cukup panjang dan kami informasi yang paling kamu cari adalah harga dan tanggal rilis, ini deh kita kasih di depan.

  • iPhone 12 Rilis kapan? 23 Oktober 2020 (US)
  • iPhone 12 Harganya berapa? Rp 11.8 - 14.8 juta
  • Untuk iPhone 12 model lain gimana? Baca terus artikel ini sampai ketemu! :)


Tanggal Rilis dan Harga!

Eh, ternyata gak perlu baca jauh ya :)

Seperti yang diatas sudah kami tulis, iPhone 12 ini direncakan untuk dirilis secara resmi pada 23 Oktober 2020. Sementara untuk iPhone 12 Mini akan rilis pada 13 November 2020.

Apple juga sudah mengeluarkan konfirmasi mengenai rentang harga dari iPhone baru ini. Yaitu mulai dari Rp11,8 juta sampai Rp14,8 juta. Memang lebih mahal sekitar 1,5 juta dari iPhone 11, kenapa? Akan kita bahas nanti setelah ini :).

Berikut ini adalah table harga dalam Rupiah dengan kurs USD 14,751.50/rupiah.



Desain dan Layar

Sudah tidak dipungkiri dan tidak diragukan lagi bahwa gadget keluaran Apple akan didesain dengan memperhatikan sisi estetis dan keindahan fisik. 


Bagaimana dengan iPhone terbaru ini?


Sebelum kita membahas desain dan bentuknya, akan kita bahas dulu mengenai layar atau display dari iPhone 12 ini.


iPhone 12 menggunakan layar dengan ukuran 6,1 inch dengan sebuah notch atau cut-out pada bagian atas layar. Untuk ukuran notch ini sepertinya akan sama dengan yang kita temui pada iPhone generasi terbaru sebelumnya. Kalau menurutmu 6 inch itu terlalu besar, maka kamu bisa mengalihan pilihan ke iPhone 12 mini. Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca pada artikel mengenai iPhone 12 mini yang akan kami rilis kemudian.


iPhone 12 diperkirakan akan menggunakan teknologi Super Retina XDR OLED dengan tingkat kecerahan antara 625 - 1200 nits dan resolusi 1170 x 2532 pixels (ratio 19.5:9).


Untuk proteksi layarnya kamu juga tidak perlu khawatir karena layar iPhone 12 ini akan dibekali dengan teknologi Scratch-resistant glass, oleophobic coating. Selain itu pada layar juga akan dipenuhi "fitur" lain, seperti Dolby Vision, Wide color gamut, dan True-tone.


Nah, bagaimana dengan desain fisiknya atau yang populer dengan istilah form factor di dunia teknik ?


iPhone 12 akan dirilis dengan dimensi 146.7 x 71.5 x 7.4 mm dan berat sekitar 165 gram. Bagian depan dan belakang akan terlindung dengan Gorilla Glass serta menggunakan rangka atau frame aluminium. 


Nah, ini menarik, walaupun teknologi Gorilla Glass untuk bagian depan memang terbukti lebih kuat daripada teknologi lain untu proteksi layar, tapi Apple juga menambahkan bahwa akan ada proteksi tambahan pada bagian depan yang mereka sebut sebagai Ceramic Shield, yang katanya akan membuat layar menjadi lebih tahan lama. Wow!


iPhone 12 akan hadir dengan beberapa pilihan warna, yaitu hitam, putih, merah, hijau, dan biru.



Bila kamu perhatikan gambar diatas dengan seksama maka kamu akan melihat bahwa ujung dari iPhone 12 ini akan lebih menyudut (less rounded) dibandingkan versi iPhone sebelumnya. Sepintas lebih mirip iPhone 5 ketimbang iPhone 11.




Selain itu iPhone 12 ini juga akan didukung oleh teknologi IP68, water and dust resistant. Artinya akan tahan debu dan tahan percikan air. Pada bagian kiri ada tombol volume dengan switch silence pada bagian atasnya. Sementara tombol power akan kamu temui pada bagian kanan body.


Nah yang menarik adalah pada bagian kanan kamu juga akan menemui sebuah lekukan kecil dibawah tombol power, ini adalah atena 5G jadi iPhone 12 ini bisa terhubung ke jaringan melalui frame aluminumnya!


5G Ready dan Smartdata?




Apple telah secara resmi menyatakan bahwa semua produk iPhone di tahun 2020 ini akan mendukung konetivitas 5G atau istilah kerennya 5G-ready. Tentu saja ini untuk membuat para pemakai iPhone ini bisa menikmati konetivitas internet super cepat dengan teknologi terkini. 1080p Youtube tanpa buffering? Boleh dicoba.


Nah, selisih harga sekitar 1,5 juta lebih mahal dibandingkan dengan iPhone 11 mungkin terjadi karena ada dukungan untuk teknologi 5G ini.

Lebih lanjutnya mengenai dukungan 5G, Apple juga mengatakan bahwa iPhone 12 akan mendukung sub-6 dan mmWave, yang berarti gadget ini bisa dipakai pada hampir semua carrier diseluruh dunia yang mendukung teknologi 5G.



Secara teori kecepatan 5G iPhone 12 bisa mencapai 5 Gbps, tapi setelah dilakukan pengujian menggunakan Verizon (dari US) didapatkan kecepatan sebesar 1,4 Gbps, dan sekitar 300 Mbps pada carrier lain yang menggunakan sub-6. Kenapa bisa berbeda? Verizon menggunakan teknologi mmWave, walaupun teknologi ini memang lebih cepat tapi memiliki jangkauan yang lebih pendek. Artinya dengan jumlah beacon yang sama, area coverage mmWave akan lebih kecil daripada sub-6.

5G tentu saja akan memakan daya baterai yang lebih besar, masalahnya adalah tidak semua area akan memiliki coverage 5G dan tidak selamanya kamu membutuhkan konetivitas super kencang dari 5G. Untuk itu Apple membuat sebuah fitur bernama Smart Data mode, melalui mode ini iPhone 12 akan bisa "menilai" apakah membutuhkan koneksi 5G atau tidak. 

Kalau dilihat dari penjelasan Apple, maka mode ini dapat secara otomatis memindah konektivitas menjadi 4G ketika 5G tidak ada atau jika dirasa tidak membutuhkan koneksi 5G. Tapi untuk mengetahui lebih detail mengenai cara kerja dan kinerja fitur ini, kita harus menunggu iPhone 12 ini resmi dijual. :)

Improved Camera?

iPhone 12 memiliki dua kamera belakang. 12 MP wide camera dengan focus f/1.6 dan 12 MP ultra-wide shooter dengan focus f/2.4 dan jangkauan tangkap dengan sudut sampai 120 derajat.




Memang secara hardware tidak terlihat perkembangan yang cukup besar jika dibandingkan dengan versi iPhone sebelumnya, tapi rahasia fotografi di iPhone 12 ini bukan terletak pada hardwarenya melainkan pada softwarenya. Misalnya iPhone 12 akan mendukung teknologi Smart HDR 3 yang tergolong masih sangat baru, teknolonogi ini akan membantu meningkatkan warna dan kontras dari hasil foto. Dan kemudian tentu saja perbaikan dan pengembangan terhadap mode Night Mode.


Apple mengkalim bahwa hasil jepretan dari iPhone 12 pada kondisi minim cahaya (low-light performance) akan lebih baik daripada versi sebelumnya. Yang tentu saja merupakan hal yang luar biasa, mengingat performa dari iPhone 11 pada kondisi yang sama sudah sangat baik sekali.


Selain itu fitur-fitur lain yang ada pada iPhone sebelumnya seperti Portrait mode, 4k recording, dan 5x digital zoom juga akan ada pada iPhone 12


Pada bagian depan akan ditemui kamare 12 MP dengan fokus f/2.2. Sampai saat ini kami belum bisa memastikan, tapi untuk kamera depan ini sepertinya akan sama persis dengan kamera depan dari iPhone 11. Tapi tentu saja kamera depan ini juga hadir dengan dukungan Face ID untuk unlock karena memang tidak ada fingerprint scanner pada iPhone 12.


Baterai

Sampai saat ini kami belum mendapatkan kabar mengenai kapasitas dari baterai iPhone 12 ini. Tapi Apple sudah mengklaim bahwa iPhone 12 akan bertahan selama sekitar 16 jam untuk memutar video (bukan streaming, tapi video yang disimpan pada internal storage).




Fast-charging tentu saja akan disupport oleh iPhone 12, tapi kamu perlu membeli chargernya secara terpisah karena dibutuhkan charger 20VA.

Bagaimana dengan wireless charging?

Apple mengatakan akan ada perubahan yang sangat besar untuk wireless charging, mereka menamainya sebagai MagSafe. Sesuai dengan namanya, ini adalah magnet didalam iPhone 12 yang fungsinya menjaga agar tidak meleset atau jatuh ketika sedang melakukan wirelesss charging. Karena seperti yang kita ketahui bersama, wireless charging membutuhkan posisi kontak yang presisi antara ponsel dan chargernya.

Selain itu MagSafe juga diklaim lebih cepat dibandingkan Qi wireless charging. MagSafe akan menggunakan 12VA, sementara Qi masih menggunakan 7,5VA.

Yang menarik lagi adalah magnet ini juga memungkinkan produsen aksesoris membuat aksesoris khusus dengan memanfaatkan daya magnetnya. Misalnya casing, atau phone holder dalam mobil.

Apple memang akan memproduksi aksesoris untuk iPhone 12 juga, tapi mereka juga mengatakan bahwa mereka berharap melihat produksi dari third-party. Belkin merupakan salah satu pabrikan yang sudah dikonfirmasi oleh Apple berkaitan dengan hal ini.



Spesifikasi Lain

Untuk spesifikasi lengkap dari iPhone 12 ini, kamu bisa lihat dibawah ini:






*********

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Ingat, di Teknonerdy belajar itu mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar